Semiotika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa sih semiotika itu ?

Semiotika merupakan suatu kajian ilmu tentang mengkaji tanda. Dalam kajian semiotika menganggap bahwa fenomena yang ada pada masyarakat dan kebudayaan itu merupakan tanda-tanda. Dalam contoh kehidupan sehari-hari, seseorang dapat diketahui sedang mempunyai perasaan tertentu, misalnya, dari gerak-gerak tubuh dan ekspresi wajahnya. Seseorang yang sedang gembira akan menunjukkan wajah yang ceria, mata yang berbinar, dan jika sangat intens, akan berbicara amat cepat. Sebaliknya, pada saat seseorang sedang merasa sedih, wajahnya, mimiknya, dan gerak tubuhnya akan menunjukkan gejala yang lebih lamban, muram, dan mungkin diam. 

Beberapa contoh Semiotika dalam kehidupan sehari hari saya yaitu :

1. Pada pagi hari, disaat saya melakukan aktivitas pagi, saya mendengar tetangga saya yang sedang mencuci mobilnya sambil mendengarkan musik lewat speaker merupakan tanda bahwa tetangga tersebut menikmati kegiatan sehari-hari mereka dengan suka-cita, sehingga saya pun juga ikut bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

2. Pada saat saya pergi untuk membeli sayur-sayuran untuk dagangan Ibu, saya berpapasan dengan salah satu teman saya sambil melakukan gesture tangan yang hanya dimengerti saya dan teman saya. Gesture tangan dibuat oleh kami agar disetiap pertemuan kami bisa selalu melakukan hal tersebut agar tidak lupa betapa spesialnya persahabatan kami. Dari sini kita bisa melihat ada sebuah tanda yaitu Eksistensi fisik dari tanda yang mempunyai makna keakraban yang cukup dekat antara saya dan teman saya. 

Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian Semiotika (Film Joker (2019))

Mengkaji Konten Tag Blast yang dimiliki Tara Arts Game Indonesia menggunakan Semiotika

Analisis Semiotika pada Video Musik "Weird Genius ft. Sara Fajira - Lathi"